POSKO PENGADUAN UMK-UMKS KAB.TANGERANG

Tlp/Fax : 021-59401213, SMS Online +628121821842
Email : supriadi_ahmad@yahoo.co.id

Pages

2014, UMK Kota Bekasi Disesuaikan dengan Kenaikan BBM

Posted on
  • by
  • Unknown
  • in
  • Label: KSPSI
  • By : Redaksi Media KSPSI Online

    Bekasi Selatan--Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bekasi akan menyesuaikan kenaikan harga BBM dengan Upah Minimum Kota (UMK) 2014.

    Saat ini, pemerintah mengaku tidak mengeluarkan kebijakan apa pun untuk meringankan beban hidup pekerja.Pembahasan UMKM 2014 akan mengacu survei harga kebutuhan pokok.

    "Harga-harga yang berlaku pada sejumlah komponen Kebutuhan Hidup Layak (KHL) sebagai indikator penentuan UMK pasti sudah berbeda nilainya," kata Kepala Disnakertrans Kota Bekasi, Abdul Iman.

    "Survei atas harga-harga tersebut harus dilakukan seakurat mungkin, supaya sesuai dengan pengeluaran yang dibayarkan pekerja," katanya.

    Menurut Iman, survei atas harga-harga tersebut dilakukan saat kondisi stabil. Yakni saat harga sejumlah bahan pokok telah berada di kisaran normalnya pascakenaikan harga BBM juga momen Idul Fitri.

    "Kalau harga masih fluktuatif saat disurvei, khawatirnya tidak akan mendapat gambaran yang real besaran pengeluaran pekerja," katanya.

    Sebelumnya, Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Bekasi Abdullah mengatakan, kenaikan harga BBM membuat lonjakan kenaikan UMK Bekasi yang diterima buruh pada tahun ini menjadi tidak berarti.

    Besaran kenaikan yang dinikmati hanya beberapa bulan itu menjadi tidak ada nilainya karena kini beban yang ditanggung pekerja menjadi lebih tinggi.

    "Itu yang menjadi alasan kami menolak kenaikan harga BBM," ucapnya

    0 komentar: